Jumat, 17 Juni 2011

pindah agama

yep pindah agama hehehe
tapi ini bukan agama religi itu tapi agama yang lebih praktis
iya ini adalah Operating System di compi
karena menurut gw OS di computer tuh udah kaya agama
dia punya caranya sendiri2 mengartikan bahasa, punya sakramennya sendiri, punya kemudahan dan kesulitannya sendiri2, dan semoga akhirnya menuntun kita ke jalan yang bener :P

but anyway setelah lelah ngutek2 micro to the soft windows akhirnya menemui kesulitan yang cukup berarti, waktu install program yang namanya iobit 360 security
kudunya sih program ini melindungi user biar kompinya gak diobok2 sama gangguan apapun virus, malware, unwanted permision atau apapun lah yang "berbahaya" buat komputer kita.
tapi ternyata.. well malah bikin apesss
jadi ceritanya gini masalahnya awalnya bermula dari copy microsoft windows XP sp2 (menurut gw OS yang paling nyaman 'meskipun agak old style' karena dia ngga terlalu berat dan cukup handy dan service pack yang paling stabil buat XP) yang ga original alias bajakan (semoga bukan gw doang) yang udah lama gua utek2 palingg ngga lebih 4 taun, mantap lah udah di edit registrynya biar lebih cepet, program2nya udah komplit tapi suatu saat gw nemuin mallware yang ganggu system, gw install deh tuh security program semacam firewall gitu kayanya sih namanya iobit 360 security
awalnya sih ngga ada masalah
installation success tapi ternyata dia minta permission buat ngeganti beberapa elemen di system yang katanya 'might disturb the system'
gw ok in aja waktu itu kerena berpikir dia nggak akan macem2 secara security programs dan gw dapet download dari situs resminya
done dan dia minta restart

dan ternyata jeng jeng jeng
desktop jadi item tanpa wallpaper gw sebelumnya dan ada dialog box di kanan bawah yang bilang "you might want to validate your windows bla bla bla..
windows genuine apalah blah" pokoknya bilang windows gw ga asli dan gw harus bayar buat validasinya di situs resminya microsoft
dan setelah beberapa bulan mulai rewel deh tu kompi restart2 sendiri

dan dengan begitu berakhirlah petualangan micro to the soft jendela gw
gw mulai ngelirik Linux
versi terbarunya adalah Ubuntu 11.04 - the Natty Narwhal
dan karena sebelumnya temen gw david nawarin cd installer ubuntu gw coba deh
dan so far sangat memuaskan
meskipun agak ribet di masalah bahasa misal buat install software
tapi buat proses installasinya gw bilang ini nice
dia open source yang berarti semua program yang dia punya gratis tis tis bahkan kalo kita berminat ngembangin semua open
trus yang gw salut selama kita punya koneksi internet mau apapun bisa
install program tinggal pilih mark install di package managernya (semua program yang resmi ataupun ngga (repository) di list di situ tinggal pilih
dan yang paling bikin seneng ngga akan kena virus :)
jadi selamat datang pinguin

and if you're interested to learn more 

may the ubuntu be with you

Tidak ada komentar:

Posting Komentar